Teknik Budidaya Bunga Kamboja

Pin It

Tidak asing lagi bagi kita dengan tanaman bunga kamboja (adenium) yang biasanya sering kita jumpai di tempat pemakaman. Walaupun bunga ini sering kita jumpai di tempat yang menurut sebagian banyak orang menyeramkan, namun jika kita memperhatikan dengan seksama, tanaman ini terlihat sanga cantik dan indah, dan juga harum. Bunga kamboja dapat juga ditanam sebagai tanaman hias di sekitar rumah kita. Tumbuhan ini berasal dari beberapa tempat di dunia, seperti dataran Amerika, Asia Barat, dan Afrika.

Tanaman ini tergolong tanaman yang dapat hidup dengan jangka waktu yang panjang, bahkan bisa hingga ratusan tahun. Selain itu, tumbuhan ini dapat hidup tanpa curahan hujan dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal tersebut dikarenakan jenis bunga ini dapat menyimpan cadangan air dengan jumlah yang cukup besar pada seluruh bagian tanaman.

Jenis-jenis Bunga Kamboja

Ada berbagai macam variasi dari bunga kamboja, diantaranya adalah adenium windmill, adenium swazicum, adenium waterfall, adenium obesum, adenium multiflorum, adenium white knight, adenium boehmianum.

Ciri-ciri Bunga Kamboja

Ada beberapa cirri-ciri yang dapat kita ketahui jika kita memperhatikan dengan seksama. Pada umumnya, bunga ini memiliki warna putih yang dominan dan merah keunguan pada mahkota bunganya. Bunga ini pun mempunyai harum yang khas. Daun tanaman ini berwarna hijau, berbentuk lonjong dengan ujung yang meruncing dan yang membulat. Batang utamanya sangat keras, namun kayu pada cabang-cabangnya tergolong lunak dan bergetah. Tanaman ini dapat tumbuh cukup tinggi hingga setinggi 6 meter. Tanaman ini dapat tumbuh sepanjang tahun.

Manfaat Bunga Kamboja

Selain bentuknya yang indah, ternyata tanaman ini pun mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Beberapa penyakit yang dapat diobati dengan menggunakan tanaman ini, adalah seperti: kaki pecah-pecah, kencing nanah, gigi berlubang, sakit disentri atau mencret, dan sakit bisul.

Adapun manfaat lainnya dari tanaman ini adalah

  • sebagai antibiotik. Getah daun bunga kamboja memiliki beberapa kandungan seperti tanin, flavonoid, alkaloid, dan tripterpenoid. Kandungan tersebut bersifat racun di dalam batang bunga kamboja. Racun tersebut dapat digunakan sebagai antibiotik dan mematikan kuman, asal digunakakan dengan dosis dan takaran yang tepat.
  • teh bunga kamboja. Bunga kamboja yang diseduh bersama teh dipercaya dapat memberikan manfaat yang baik bagi pencernaan.
  • pelengkap sayuran. Bunga kamboja yang digunakan sebagai pelengkap sayuran, dapat memberikan aroma lebih sedap, dan juga baik untuk efek terapi dan kesehatan.

Membudidayakan Tanaman Kamboja

Setelah mengetahui banyak manfaat yang bisa diperoleh dari bunga kamboja, saatnya bagi anda untuk mulai membudidayakan tanaman ini. Anda dapat dengan mudah melakukan teknik budidaya tanaman kamboja. Anda dapat menanamnya dengan mudah. Cara menanamnya adalah pertama-tama anda siapkan pohon kamboja yang dibungkus oleh kontainer, yang dapat anda buat dari karung atau polybag, lalu isi kontainer dengan 100 hingga 200 liter tanah.

Lalu, anda buat lubang berukuran 120×120 cm dengan kedalaman 80 hingga 100 cm. anda harus pastikan lubang yang digali tidak ada kotoran seperti kerikil, beton, dan sebagainya. Lalu tanam kamboja dengan kontainer yang masih menempel. Penanaman sangat mudah sehingga anda dapat menanamnya untuk mempercantik halaman rumah anda.

Perawatan Tanaman Kamboja

Untuk melakukan perawatan tanaman ini tidaklah sulit. Anda dapat memeliharanya dengan cara menanam di bawah intensitas sinar matahari langsung supaya bunganya dapat tumbuh dengan sempurna. Lalu anda dapat memangkas daunnya agar terlihat rapi. Pastikan untuk anda menghindarkan tanaman ini dari hama utama, yaitu sejenis serangga atau tungau. Biasanya serangga tersebut bersarang di bawah daun. Selain itu, anda dapat pula memastikan apakah tanaman kamboja ini sudah cukup air dengan melihat air yang keluar dari bawah pot. Jika sudah keluar, itu menandakan bahwa cadangan air yang tersimpan sudah sukup penuh.

Dari info di atas, sekarang anda dapat mulai mengaplikasikan cara tanam dan cara budidaya tanaman kamboja yang baik, sehingga anda akan mendapatkan hasil tanaman yang sempurna. Selamat mencoba!

Pin It
←More from Budidaya Bunga

↑ Back to Top