Teknik dan Cara Budidaya Cabe Merah Dalam Polybag

Pin It

Bila anda perhatikan dipasaran, sudah banyak sekali bahan-bahan yang dapat anda manfaatkan untuk memasak bukan? Yang hendak saya diskusikan diartikel ini adalah mengenai fungsi dan cara budidaya cabe merah dalam polybag. Apabila mengenai manfaat cabe merah atau lombok, tentu saja banyak sekali manfaat yang dapat anda peroleh. Manfaat yang pertama tentu saja berkaitan dengan keuntungan finansial. Hal ini berarti anda akan melakukan teknik budidaya cabe merah yang nanti dapat anda jual dipasaran. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan cabe merah dipasaran selalu meningkat. Manfaat yang lain tentu saja yang berkaitan dengan kesehatan. Manfaat pada kesehatan yang diperoleh dari cabe merah yaitu untu melawan radang, melegakan pernafasan, meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan jantung, menjaga berat badan, dan bahkan untuk melawan kanker. Karena banyak manfaat itulah orang mulai mencari cara budidaya cabe merah terutama pada media polybag.

Yang Diperlukan Dalam Budidaya Cabe Merah Polybag

Apabila yang ingin anda ketahui adalah mengenai cara budidaya cabe merah dalam polybag, yang pertama kali anda perlukan adalah mengenai apa saja yang perlu dipersiapkan. Alasannya adalah karena memang takkan berguna bila anda tahu teknik menanam cabe merah dalam polybag akan tetapi tidak tahu apa yang harus dipersiapkan. Ada beberapa barang yang perlu anda persiapkan tentunya sebelum anda mencari tahu cara menanam cabe merah.

Yang pertama perlu dipersiapkan adalah pot-pot atau polybag yang berukuran 4 inci. Perlu juga disiapkan pot-pot atau polybag ukuran 18 inci yang perlu untuk memindah tanaman tersebut bila sudah tumbuh lebih besar. Jumlah polybag dapat anda tentukan berdasarkan kebutuhan anda tentunya. Yang perlu dipersiapkan yang kedua adalah campuran media tanam guna membantu proses pertumbuhan cabe merah dalam polybag tersebut. Yang perlu dipersiapkan berikutnya adalah bibit atau benih cabe merah. Pastikan anda mempersiapkan bibit yang terbaik saja. Berikutnya, anda perlu mempersiapkan asupan pangan yang dapat larut air. Berikutnya, jangan lupa menyiapkan pupuk organik guna menyuburkan pembibitan tersebut nantinya.

Tentukan Jumlah Polybag Cabe Merah

Setelah mempersiapkan segala keperluan yang ada, yang perlu diketahui adalah mengenai instruksi dan cara budidaya cabe merah. Ada beberapa tips dalam bercocok tanam cabe merah yang dapat anda manfaatkan guna memperlancar proses budidaya tersebut. Instruksi yang pertama adalah dengan menentukan jumlah cabe merah yang anda perlukan. Biasanya, setiap tanaman cabe merah yang anda budidayakan mampu menghasilkan 50 cabe merah. Bila untuk konsumsi pribadi, satu atau dua polybag cabe merah sudah dapat dikatakan cukup untuk ditanam.

Campuran Media Tanam

Instruksi yang kedua, anda perlu memasukan campuran media tanam kedalam polybag dengan porsi 2/3 saja. Pastikan anda menggunakan campuran media tanam yang organik guna menjamin kualitas pertumbuhan tanaman cabe merah anda. Berikutnya, anda perlu untuk membuat lubang ditengah media tanam tersebut setidaknya sedalam ¼ inci dengan menggunakan jari anda. Selanjutnya anda perlu untuk memasukkan bibit tanaman cabe setidaknya 2 atau tiga bibit. Lalu tutup dan siram media tersebut dengan air secukupnya.

Hindarakan Polybag dari Sinar Matahari Langsung

Berikutnya, anda perlu menempatkan polybag tersebut jauh dari sinar matahari langsung. Pastikan media tanam yang anda gunakan selalu dalam kondisi lembab. Cara memeriksa kelembaban media tanam anda adalah dengan memasukkan jari anda kedalam media tanam tersebut. Bila terasa kering, siramlah media tanam tersebut secara hati-hati.

Pembersihan Daun Secara Berkala dan Pemupukan

Berikutnya, anda perlu untuk membersihkan daun-daun yang tumbuh secara teratur guna memancing tanaman tersebut untuk tumbuh lebih kuat dan cepat. Bila tanaman cabe merah yang anda tanam pada pot berukuran 4 inci sudah mulai penuh, maka anda perlu memindahkannya ke polybag yang lebih besar yaitu yang berukuran 18 inci. Yang perlu diperhatikan berikutnya adalah mengenai bagaimana proses pemberian pupuk. Disini anda perlu memberi pupuk setidaknya sekali dalam dua minggu. Bila mengenai proses panen, pastikan anda memanen bila kondisi warna cabe yang benar-benar merah. Bila masih muda, anda dapat memanen cabe hijau tentunya.

Tips Perawatan Tanaman Cabai

Memang yang paling penting dalam cara budidaya cabe merah dalam polybag adalah mengenai kedisiplinan anda dalam merawat tanaman tersebut. Apapun jenis cabe yang anda tanam baik itu cabe merah, cabe kriting, dan lain sebagainya, anda perlu benar-benar paham bagaimana melakukan proses pemeliharaan yang benar. Berikutnya yang perlu anda perhatikan dalam membudidayakan cabe merah terutama melalui polybag adalah dengan mengetahui benar apa tujuan anda dalam membudidayakan tanaman tersebut.

Cara Memanen Yang Efektif

Tidak banyak memang orang yang mengetahui manfaat yang sebenarnya dari cabe merah dan dengan sembarangan membudidayakannya. Hal ini tentu saja menjadi masalah utama tentang bagaimana mereka melakukan perawatan kedepannya. Satu lagi tips yang penting adalah ketika anda melakukan panen. Perlu diketahui bahwa cabe merah yang anda petik akan terus mengalami proses pematangan hingga membusuk. Bila ingin membuat cabe merah tahan lebih lama, anda perlu untuk menyimpan cabe merah tersebut didalam lemari es tentunya.

Pin It
←More from Budidaya Buah

↑ Back to Top