Cara Budidaya Discus

Pin It

Bagi anda pecinta ikan, anda bisa mendapatkan info mengenai cara ternak ikan discus dibawah ini. Ikan yang memiliki warna merah dan garis tengan sepanjang 15 cm di tubuhnya ini terkenal suka menyendiri dan tidak suka mengganggu kelompok lainnya. cara budidaya ikan discus ini juga cukup muda. Pertama, anda harus menyiapkan sebuah aquarium yang berukuran cukup besar, ukuran yang dianjurkan adalah 75 x 35 x 35 cm. Setelah menyediakan aquarium ini, anda juga harus memperhatikan suhu air yang ada didalamnya. Suhu air dari aquarium tersebut haruslah berkisar antara 28 sampai dengan 30 derajat celcius. Ketiga, anda juga harus memperhatikan Ph air yang ada didalam aquariu, agar ikan ini bisa hidup dengan baik yaitu Ph air harus 5 sampai 6 saja.

Teknik Budidaya Ikan Discus

Teknik budidaya dari ikan Discus ini juga ada beberapa tahap mulai dari persiaoan tempat, pemijahan, pembenihan dan lain sebagainya. Dengan mengetahui semua poin dalam teknik beternak tersebut, dijamin anda akan bisa menghasilkan ikan Discus yang banyak jumlahnya dan bisa anda manfaatkan untuk hal-hal tertentu, untuk dijual misalnya. Tehnik pemijahan yang dilakukan untuk ikan ini juga tidaklah sulit, anda tinggal memasukan ikan Discus ke dalam aquarium sebagai benihnya. Ikan inilah yang nantinya akan menjadi induk yang menetaskan telur-telur ikan Discus.

Perlu anda ketahui bahwa teknik beternak dengan teknik pemijahan ini harus anda pasang paralon juga pada bagian aquariumnya. Hal ini jelas agar paralon yang ada pada aquarium tersebut bisa menjadi tempat bagi sang induk untuk menempelkan telurnya nanti. Cara beternak yang berikutnya adalah memisahkan anak dan induk dari ikan Discus ke aquarium yang lebih besar. Ini dilakukan ketika anakan ikan discus sudah berusia satu bulan. Telur yang nantinya dimiliki oleh si induk akan menetas setelah 60 jam. Usai telur tersebut menetas, anda harus menyiapkan aquarium baru yang mana media tersebut sudah anda bersihkan sebelumnya. Pastikan bahwa aquarium baru tersebut aman dan bersih.

Menyiapkan Pakan Ikan Discus

Kemudian, memelihara larva dari ikan discus juga harus dilakukan. Pada saat 3 sampai 4 hari, anda akan melihat bahwa si larva ini akan  bisa berenang dan mulai menggelayuti induknya.  Mereka melakukan hal tersebut bukan tanpa alasan, yang mereka lakukan adalah menghisap lendir yang ada pada sekujur tubuh sang induk sebagai makanan utama yang mereka sukai. Pakan untuk induknya sendiri juga harus anda sediakan yaitu makanan berupa jantung, hari, daging, udang, bahkan sayur-sayuran juga bisa. Dengan menyediakan makanan yang disukai ikan ini, mereka akan bisa semakin tumbuh dan berkembang dengan baik. Ikan ini jika sudah berumur satu minggu bisa diberi makan yang lainnya, yaitu makanan berupa kutu air atau larva-larva kecil lainnya.

Menciptakan peternakan ikan discus memang tidak begitu membuat anda mengeluarkan banyak uang. Selama anda memiliki media aquarium yang cukup untuk ikan ini dan juga selalu memiliki stock makanan yang mereka sukai, sudah barang tentu memelihara ikan yang satu ini akan bisa menjadi hal yang mudah untuk dilakukan. Satu hal yang perlu anda ketaui bahwa ikan ini akan bisa hidup dengan lebih baik jika diberi pakan yang alami. Salah satunya adalah jentik nyamuk, cacing sutera, cacing super, dan lain sebagainya. Jika ingin membuat ikan ini terlihat lebih bagus and abisa memindahkan induknya ke aquarium yang berukuran 50 x 50 x 40 cm dan anakannya di aquarium berukuran 50 x 100 x 35 cm.

Pin It
←More from Budidaya Ikan

↑ Back to Top