Cara Budidaya Ikan Gabus di Kolam Terpal

Pin It

Ikan gabus adalah salah satu jenis ikan yang digunakan untuk keperluan konsumsi. Menurut sebuah penelitian, ikan gabus diketahui memiliki kandungan protein yang disebut albumin yang sangat tinggi. Kandungan tersebut sangat baik bagi tubuh manusia, mengingat albumin adalah salah satu bagian protein yang cukup penting. Dengan kandungan nutrisi yang dimiliki oleh ikan gabus, mengkonsumsi ikan gabus secara rutin dipercaya mampu mengatasi berbagai macam jenis penyakit berbahaya, seperti stroke, hepatitis, maupun infeksi paru-paru.

Kandungan nutrisi tinggi ikan gabus juga diyakini mampu memperbaiki kondisi gizi buruk yang terjadi pada bayi, anak-anak, maupun pada ibu hamil. Selain itu, ikan tersebut juga mampu membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Keyakinan-keyakinan terhadap khasiat ikan gabus tersebut diperkuat dengan beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli. Namun sayangnya hingga saat ini budidaya ikan gabus masih belum begitu populer di kalangan masyarakat.

Peluang Usaha Budidaya Ikan Gabus

Dengan kandungan nutrisi yang begitu baik, tentu ikan gabus sangat bermanfaat bagi kesehatan. hanya saja mungkin saat ini belum begitu banyak orang yang menyadari hal itu, sehingga tingkat konsumsi ikan gabus masih kalah dengan ikan-ikan jenis lain. Namun kebenaran akan khasiat ikan gabus telah dapat dibuktikan secara ilmu pengetahuan, sehingga sebenarnya cepat atau lambat masyarakat akan mengenal manfaat ikan ini. Mungkin inilah saatnya bagi kita untuk mencoba usaha budidaya ikan gabus ini.

Selain khasiatnya yang besar, ada beberapa faktor pendukung lainnya yang perlu kita cermati dalam mengembangkan usaha budidaya ikan gabus. Faktor pendukungnya yaitu bahwa merawat atau menternak ikan gabus tidak membutuhkan proses yang rumit. Cara beternak ikan gabus pada umumnya sama saja dengan cara ternak ikan-ikan konsumsi jenis lain seperti ikan lele misalnya. Kemudian, faktor pendukung selanjutnya yaitu belum begitu banyaknya pesaing karena saat ini ikan gabus masih belum begitu dilirik oleh para pembudidaya ikan konsumsi.

Panduan Membudidayakan Ikan Gabus di Kolam Terpal

Bagi Anda para pembaca sekalian yang sudah mulai tertarik dan ingin mencoba untuk membudidayakan ikan gabus, berikut ini akan kita bahas secara bersama-sama mengenai teknik beternak atau teknik budidaya ikan gabus. Untuk mengembangkan budidaya ikan gabus, ada beragam jenis tempat yang bisa kita pakai, diantaranya yaitu tambak dan kolam. Pada artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara budidaya ikan gabus di kolam terpal. Kolam terpal selama ini telah secara umum dipakai oleh para peternak ikan untuk membudidayakan berbagai jenis ikan karena dinilai lebih efisien dan ekonomis.

Tips Budidaya Ikan Gabus

Tips yang dapat kita perhatikan dalam membudidayakan ikan gabus di dalam kolam terpal yakni, yang pertama, buatlah kolam terpal yang baik, aman, dan terletak di tempat yang ideal untuk budidaya ikan. Kemudian, pelajarilah pengetahuan-pengetahuan penting mengenai cara budidaya ikan gabus, baik dari pembibitan ikan gabus, pembesaran ikan gabus, maupun perawatannya sehari-hari hingga waktu panen tiba sehingga hasil yang akan kita dapatkan bisa maksimal. Selanjutnya, pelajari juga bagaimana alur pemasaran yang akan kita lakukan sehingga kita tidak kebingungan menyalurkan hasil panen nantinya.

Tips Membuat Kolam Ikan Terpal

Kolam ikan terpal pada umumnya dibuat dengan bentuk persegi panjang dengan ukuran yang beragam, tergantung berapa banyaknya ikan yang akan kita budidayakan di dalamnya. Pembuatan kolam terpal bisa dilakukan dengan cara menggali tanah maupun membuat kerangka di atas tanah. Biasanya kedalaman kolam dibuat sedalam sekitar satu meter. Untuk kolam terpal di atas tanah, maka kita perlu membuat kerangka berbentuk persegi panjang yang kokoh, dengan bahan-bahan seperti kayu, beton, ataupun besi. Sementara kolam di dalam tanah, maka kita cukup gali dengan ukuran yang diinginkan.

Setelah kerangka ataupun galian tanah kolam selesai dibuat, maka kita perlu menyiapkan terpal dengan ukuran yang cukup untuk menutupi kerangka maupun galian tanah yang telah kita buat. Terpal yang akan kita pakai tidak bisa langsung kita pasang dan digunakan untuk memelihara ikan, melainkan kita harus terlebih dahulu merendamnya dengan air selama tiga hari. Pemasangan terpal dilakukan dengan cara menata terpal di dalam kerangka atau galian yang telah disiapkan dengan rapi, kemudian mengikat bagian pinggir terpal dengan bahan-bahan yang diperlukan, seperti kawat bendrat, tali, maupun paku.

Cara Budidaya Ikan Gabus

Budidaya ikan gabus bisa mulai dilakukan dengan menyebar bibit yang telah kita beli maupun melakukan kegiatan pembenihan untuk mendapatkan bibit ikan sendiri. Akan Tetapi, sebelum menebar bibit ke kolam, hendaknya kita biarkan dulu air di dalam kolam yang telah dicampur dengan biodicon df dengan jumlah secukupnya selama satu minggu supaya plankton tumbuh di air tersebut. Setelah bibit ditebar, kita sebaiknya menunggu selama minimal dua hari sebelum memberi pakan untuk pertama kali.

Kita juga harus ingat bahwa kita sebaiknya tidak memberi makan ikan yang sedang dalam keadaan stress. Selanjutnya, kita tinggal merawat ikan tersebut hingga besar dengan memberi makan secara rutin dan memeliharakebersihan kolam. Nah, itulah penjelasan singkat mengenai cara budidaya ikan gabus.

Pin It
←More from Budidaya Ikan

↑ Back to Top