Cara Budidaya Kacang Tanah

Pin It

Setiap orang pasti memiliki cara sendiri-sendiri untuk mencapai sukses dalam hidupnya. Salah satunya adalah dengan bercocok tanam. Cara bercocok tanam dan apa yang akan dihasilkan juga berbeda-beda. Disini kita akan membahas mengenai cara budidaya kacang tanah. Berbisnis kacang tanah adalah suatu lahan yang menyenangkan terutama jika anda gemar bercocok tanam.

Cara Menanam Kacang Tanah

Bagaimana caranya? Sebenarnya budidaya kacang tanah bukanlah suatu hal yang terlampau sulit semua hanya butuh ketelatenan dan kesabaran kita dalam melakukan penanaman dan perawatan. Karena memang kacang tanah tidak bisa ada pada kondisi tanah yang terlalu lembab, basah, becek tetapi juga tidak bisa pada kondisi tanah yang terlampau kering. Untuk pembudidayaan kacang tanah itu sendiri saat ini sudah bisa dilakukan dengan menggunakan teknologi yang sudah modern. Mendapatkan hasil kacang tanah yang berkualitas itu berarti harus menggunakan bibit yang juga berkualitas. Mustahil jika bibit yang kualiatsnya jelek akan menghasilkn kacang tanah berkualitas baik.

Ada teknik penanaman yang harus kita ikuti ketika kita ingin membudidayakan kacang tanah, Pola yang pertama adalah anda hanya bisa melakukan penanaman kacang tanah satu kali dalam kurun waktu satu tahun. Kenapa begitu? Tujuannya agar kualitas tanah dan kacang baik dan juga terbebas dari hama pemakan kacang tanah. Untuk waktu tanam yang terbaik jika anda ingin melakukannya di area persawahan adalah di masa saat awal musim kemarau tiba. Cara budidaya kacang tanah memang membutuhkan ketelitian dan ketelatenan agar hasilnya tidak busuk.

Anda dilarang menanam bibit kacang tanah disaat musim penghujan tiba. Penyebabnya adalah kondisi tanah yang terlalu basah akan membuat bibit tersebut menjadi busuk. Akibatnya anda akan gagal tanam dan gagal panen. Itu adalah tips dalam teknik penanaman kacang tanah. Tetapi jika anda tinggal di tempat yang sangat gersang atau kering maka proses penanaman bibit dilakukan pertama kali disaat musim penghujan turun.

Cara Tanam dan Kualitas Hasil Panen

Cara tanam yang sedikit unik memang menentukan kualitas dari hasil panen kacang tanah anda nantinya. Bagaimana dengan pemilihan bibit atau benih kacang tanah yang baik? benih yang harus anda pilih dalam teknik menanam kacang tanah adalah benih unggul. Belilah bibit kualitas terbaik karena itu akan membantu hasil panen anda menajdi maksimal.

Untuk memulai proses pengolahan lahan dan penanaman maka ada beberapa hal yang juga harus anda perhatikan. Yang pertama adalah cara pembajakan lahan. Untuk kacang tanah, anda harus membajak lahan selama 2 kali sedalam maksimal 20 cm dan minimal 15 cm. tujuannya adalah agar bibit bisa tertanam cukup dalam dan tidak mudah hilang tersapu angin atau air. Setelah itu jangan lupa untuk menggaru tanah lalu meratakannya kembali.

Untuk cara tanam bibitnya ada pola yang juga harus anda ketahui. Yang pertama adalah anda tidak diperkenankan menanam bibit terlalu dekat jaraknya. Berilah jarak sekitar 40 x 15 cm dan setiap lubang hanya boleh anda isi oleh satu buah benih kacang tanah. Untuk teknik penanaman lainnya bisa hanya dengan anda congkel tanah dan tanam bijinya sedalam minimal 3 cm lalu anda tutup kembali dengan tanah.

Proses Setelah Penanaman Bibit Kacang Tanah

Setelah kita melakukan proses penanaman bibit kacang tanah maka kita akan melakukan proses selanjutnya yaitu pemupukan. Pemupukan adalah salah satu proses dalam perawatan kacang tanah yang tadi telah disebutkan diatas. Untuk mengolah pupuk dalam bercocok tanam maka anda harus menggunakan perhitungan per hektar. Jangan sampai anda memberikan terlalu banyak pupuk karena hanya akan membunuh bibit kacang yang telah mulai tumbuh.

Pada saat anda ingin memberikan pupuk di tiap-tiap benih kacang maka ada dua proses yang harus anda lakukan, Proses yang pertama adalah pemberian pupuk dasar dan yang kedua adalah pupuk lanjutan. Pemberian pupuk ada yang pada saat benih di tanam untuk pupuk dasar dan pupuk lanjutan akan diberikan pada saat penyiraman benih kacang tanah. Jangan sampai salah mencampur pupuk karena pemberia pupuk yang benar juga menentukan kualiats kacang tersebut.

Anda pasti sudah pernah melihat pohon kacang yang memang tumbuhnya tidak akan ke atas tetapi lebih ke samping dan melebar seperti akan merambat. Itulah kegunaan dari pemeberian jarak tanam pada tiap-tiap bibit tadi. Anda juga harus berhti-hati terhadap yang namanya gulma karena akan menghambat pertumbuhan kacang. Anda perlu memberantas gulma perlahan ketika selama beberapa minggu pertumbuhannya sudah terlihat mengganggu. Minimal 2 minggu sekali anda harus membersihkannya.

Hal yang juga paling penting dalam cara budidaya kacang tanah adalah proses pengairan yang benar. Walaupun memang kondisi tanah tidak boleh dalam keadaan terlalu basah tetapi jangan pula sampai kondisi terlalu gersang dan kekurangan air. Setelah pengairan benar maka anda hanya perlu menunggu hasil panen saja. Kira-kira 100 hari setealah proses penanaman bibit kacang anda akan menuai hasil panen kacang tanah yang melimpah.

Pin It
←More from Budidaya

↑ Back to Top