Mengetahui Cara Budidaya Singkong untuk Hasil Panen yang Unggul

Pin It

Singkong menjadi salah satu jenis tanaman dan umbi-umbian yang cukup menarik untuk dikonsumsi. Saat ini, sudah sangat beragam jenis makanan yang menggugah selera dan terbuat dari singkong. Budidaya singkong pun menjadi salah satu ide menarik untuk dikembangkan. Beragam jenis singkong dapat dibudidayakan, misalnya singkong mukibat, singkong Thailand, singkong emas, singkong mekar manik, dan masih banyak lagi. Tentunyacara budidaya singkong tidak serumit budidaya tanaman lainnya.

Untuk kita yang memiliki area yang luas untuk bercocok tanam, namun bingung untuk memilih jenis pohon atau tanaman apa yang cocok untuk dibudidayakan, singkong dapat menjadi ide yang menarik karena mudahnyateknik budidaya. Selain itu minat masyarakat terhadap singkong sangatlah tinggi. Beragam jenis makanan dari singkong dapat diolah. Di sisi lain singkong juga memiliki banyak manfaat dan khasiat.

Syarat Tumbuh Singkong

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam teknik dan cara budidaya singkong. Adapun beberapa hal pokok yang harus diperhatikan anatara lain iklim daerah tanam dan juga media tanam yang diperlukan. Kedua poin tersebut sangatlah penting untuk diperhatikan untuk budidaya singkong jenis apapun, termasuk singkong gajah, singkong raksasa, dan juga singkong emas.

  • Iklim daerah tanam

Kelembaban yang diperlukan pada budidaya ini, adalah antara enampuluh hingga enampuluh lima persen. Untuk suhu area kebun singkong, yang diperlukan adalah sekitar sepuluh derajat celcius ke atas. Suhu yang kurang akan menyebabkan tanaman tumbuh kerdil. Sinar matahari juga sangat penting, yakni perlu sepuluh jam perhari paparan sinar matahari.

  • Media tanam pohon singkong

Media tanam untuk budidaya pohon singkong sangatlah penting untuk memperoleh hasil panen singkong unggul. Struktur tanah yang sesuai untuk penanaman singkong ialah yang memiliki struktur gembur, remah, tidak begitu liat dan poros, dan juga kaya akan kandungan organiknya. Beberapa jenis tanah yang sesuai antara lain andosol, grumosol, mediteran, alluvial, dan sebagainya. untuk keasamannya atau pH dari tanah yang sesuai untuk singkong ialah 4.5-8.0, namun yang ideal ialah sekitar 5.8.

Pedoman Pembudidayaan Singkong

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya singkong. Beberapa hal tersebut antara lain dalam memilih bibit yang tepat dan juga dalam mengolah media tanam untuk singkong secara tepat. Kedua hal tersebut akan di bahas di bawah ini.

Untuk bibit, pilihlah dari varietas yang unggul dan mungkin memberikan hasil yang bagus. Pilihlah singkong dari tanaman induk yang sudah berumur atau tua yakni sekitar sepuluh hingga duabelas bulan. Pilihlah batang yang sudah berkayu serta memiliki diameter sekitar 2 ½ senti lurus, dan belum memiliki tunas yang baru.

Untuk mengolah media tanam yang ada perlu dilakukan beberapa tahap. Tahap pertama ialah tahap persiapan, terdiri atas proses mengukur pH tanah, menganalisis jenis dari tanah tersebut, menentukan waktu tanam yang tepat. Kemudian, tahapan selanjutnya steelah persiapan selesai ialah membuka serta membersihkan area tanam atau lahan, membentukan pelarikan, dan juga jika diperlukan dilakukan proses pengapuran.

Teknik untuk Menanam Singkong

Selanjutnya dalam cara budidaya singkong, kita perlu mengetahui teknik menanam singkong yang tepat. Untuk menanam singkong ini terdapat beberapa tips yang dapat kita ikuti. Teknik dan tips cara tanam tersebut akan di bahas di bawah ini.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan musim serta curah hujan. Untuk area tanah yang bersifat kering, pilih waktu tanam di awal musim penghujan. untuk waktu penanaman tersebut dapat pula disesuaikan dengan waktu tanam padi, yakni setelah tanam padi.

Untuk cara menanam bibit singkong, sebelumnya ada baiknya bibit tersebut direndam dalam pupuk yang dicampur dengan air kurang lebih dengan waktu tiga hingga empat jam. Setelah proses situ, baru lakukan penanaman bibit pada tanah atau lahan.

Untuk menanam bibit tersebut, ialah dengan cara membuat ujung bawah setek pohon singkong menjadi runcing. Setelah itu, benamkan 1/3 bagian dari setek tersebut kedalam tanah atau sekitar lima hingga sepuluh senti. Kemudian rawat dengan baik.

Pemeliharaan Tanaman Singkong

Salah satu cara budidaya singkong, adalah teknik pemeliharaan atau perawatan tanaman. Salah satu hal yang mungkin saja terjadi ialah bibit yang kita tanam rusak. Hal yang perlu kita lakukan kemudian ialah membuang bibit yang rusak tersebut dan menggantinya dengan yang baru. Selain itu, perlu dilakukan penyiangan yakni membuang atau mencabut segala jenis tanaman pengganggu seperti rumput maupun gulma yang ada di sekitar lahan.

Selain perawatan tersebut paska penanaman bibit, kita perlu mengetahui pula cara pemupukan pohon singkong yang tepat. untuk tanaman singkong, pemupukan dapat dilakukan secara konvensional seperti pada tanaman lainnya, begitu pula dengan penyemprotan pestisida maupun insektisida. Untuk pengariran yang tepat, ada baiknya kita memilih metode genangan yang bertujuan agar tidak merusak struktur tanah. Membudidayakan singkong tidak terlalu sulit bukan?

Pin It

↑ Back to Top