Cara Budidaya Terumbu Karang

Pin It

Berikut ini ada ulasan yang bermanfaat bagi anda mengenai cara budidaya terumbu karang. Terumbu karang merupakan salah satu kekayaan alam laut yang harus dilestarikan karena akan bisa menjadi komoditas bisnis yang baik untuk daerah yang berpotensi untuk bisa dengan mudah membudidayakan terumbu karang ini.

Teknik Budidaya Terumbu Karang

Proses dan teknik budidaya yang harus anda lakukan adalah dengan menggunakan beberapa langkah yang tepat. Salah satu langkah yang paling populer dilakukan oleh banyak petani terumbu karang adalah dengan melakukan teknologi transplantasi terumbu karang. Maksunya adalah terumbu karang ditanam atau dicangkok dengan menggunakan media-media yang akan dijelaskan dibawah ini.

Meskipun tumbuhnya membutuhkan waktu yang lama, cara ini lebih efektif untuk membudidayakan terumbu karang. Memilih bibit yang tepat juga harus dilakukan oleh petani terumbu karang. Pilih bibit yang unggul dan memiliki kualitas untuk bisa tumbuh dengan baik.

Budidaya Terumbu Karang Menggunakan Metode Transplantasi

Pada saat melakukan transplantasi, media untuk terumbu karang yang bisa anda manfaatkan adalah pipa yang memiliki lubang didalamnya. Pemilihan media ini sangat penting agar ikan-ikan masih bisa berenang bebas di sekitar media ini. Jangan lupa untuk mengikat karang kecil dengan menggunakan pipa ini.

Metode lainnya yang bisa anda lakukan untuk membudidayakan terumbu karang adalah dengan menggunakan media semen atau cor yang kemudian harus anda cetak sedemikian rupa. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan cor-corang sedimen yang bentuknya seperti kerucut. Bentuk kerucut akan bisa mempermudah pertumbuhan dari hewan terumbu karang ini.

Persiapan Media untuk Pembudidayaan Terumbu Karang

Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah memilih tempat yang tepat untuk mencetak terumbu karang ini. Langkah yang bisa anda lakukan adalah dengan mencetak media ini di pantai. Kemudian bagian tengahnya di pasang pipa PVC. Jika anda tidak memiliki pipa ini, anda bisa menggantinya dengan botol bekas.

Setelah semua media transplantasi diikat dengan terumbu karang yang ingin ditumbuhkan. Taruh dan biarkan saja media tersebut berada di perairan laut selama kurang lebih 3 sampai dengan 6 bulan. Maka nantinya media tersebut akan bisa membuat hewan terumbu karang yang baru. Berbagai mahluk laut lainnya juga akan berdatangan untuk tinggal di tempat yang telah anda transplantasi tersebut yaitu ikan laut dan lain sebagainya.

Tunggu sampai terumbu karang ini menjadi dewasa dan nantinya ikan yang besar akan suka muncul dan bermain di terumbu karang yang anda panen tersebut. Terumbu karang yang sudah tumbuh menjadi dewasa akan bisa semakin berkembang biak dengan baik dan menghasilkan anakan terumbu karang yang baru dan kemudian bisa anda manfaatkan untuk membuat hewan karang yang baru.

Langkah Pemeliharaan Terumbu Karang dari Stress

Langkah memelihara terumbu karang juga harus dilaukan agar anda bisa berhasil dalam membudidayakan terumbu karang ini. Terumbu karang merupakan sebuah hewan laut jadi mereka juga bisa stress. Untuk mengatasi permasalah yang terjadi ini, anda harus melakukan proses transplantasi dengan baik. Jangan lupa juga untuk melakukan pengangkutan dari air dengan cara yang baik pula yaitu ditempatkan terlebih dahulu di wadah plastik. Hal ini akan mengurangi timbulnya stress pada terumbu karang tersebut.

Langkah Pemeliharaan dengan Metode Operasi

Teknik pemeliharaan yang satu ini harus dilakukan oleh semua petani terumbu karang. Sistem operasi ini akan menghabiskan waktu selama kurang lebih 30 menit. Teknik lainnya yang bisa anda lakukan untuk transplantasi adalah dengan menggunakan semen, lem plasti, penjepit baja dan lain sebagainya. Silahkan memilih sendiri mana teknik yang paling manjur menurut anda.

Pin It
←More from Budidaya

↑ Back to Top