Cara Membuat Pakan Puyuh

Pin It

Budidaya burung puyuh cukup berpotensi tinggi sebagai salah satu bisnis kerakyatan, namun dengan pakan buatan pabrik untuk burung puyuh yang harganya selangit, harga produksi bisa membuat para peternak kecil khawatir. Padahal, makanan ternak pabrikan tidak selalu bisa diandalkan, sebab itulah harus bisa mencari alternatif lain. Makanan ternak nonorganik, tidak dapat dijadikan patokan karena selain harganya sewaktu-waktu bisa melambung tinggi, lebih aman tetap makanan yang dibuat sendiri dari bahan-bahan organik. Namun demikian, jangan tergiur begitu saja pada penjual yang menawarkan harga murah meriah untuk ternak puyuh, terutama dari pabrikan (pakan organik).

Efisiensi Biaya Produksi dengan Pakan Buatan Sendiri

Membuat bahan pangan sendiri untuk ternak puyuh bisa menjadi cara yang lebih efektif dan efisien, setidaknya pembuatan sendiri makanan untuk ternaknya, peternak bisa lebih tenang mengetahui komposisi apa saja yang digunakan untuk mengolah pakan tersebut. Untuk angka biaya produksi, dengan mengolah sendiri bahan pakan puyuh dari bahan alami, bahkan bisa ditekan sampai 50%.

Pengolahan makanan ikan lele maupun burung puyuh tidaklah seruwet yang dibayangkan, apalagi dengan bahan-bahan yang tersedia di sekitar dan dengan harga beli sangat murah. Bahan membuat pakan puyuh sendiri yang paling banyak digunakan adalah jagung, bekatul maupun sorgum, bahkan bisa menggunakan bungkil kedelai yang selain karena mudah didapatkan, harganya pun sangat terjangkau (bahkan bisa diperoleh secara gratis). Untuk pertambahan berat puyuh yang lebih cepat, dianjurkan memberikan makanan dengan komposisi yang tepat.

Membuat Pakan Puyuh Memakai Bahan Lokal

Langkah awal cara membuat pakan puyuh sendiri hanya membutuhkan bahan-bahan yang mudah didapat, antara lain jagung, bekatul, dan CPO. Tentunya pakan ini masih harus dicampur dengan pakan buatan pabrik. Namun setidaknya, pencampuran ini akan sedikit mengurangi kebutuhan pakan buatan pabrik. Cara pembuatan cukup mudah, campurkan pellet atau pakan broiler berbentuk crumble dengan jagung yang dalam bentuk cacahan. Kemudian tambahkan bekatul dan minyak CPO untuk membuat campuran pakan ini lebih liat dan bekatul bisa menempel.

Perbandingan untuk campuran pakan ini adalah 3 bagian pakan pabrikan atau pelet, 1 bagian jagung, dan 1 bagian bekatul. Untuk pelet yang digunakan sebaiknya dipilih yang butirannya kecil dengan ukuran 3mm. Untuk memenuhi kebutuhan ternak puyuh, pakan buatan sendiri ini bisa dibuat seminggu sekali. Tentunya harus diperhatikan cara penyimpanan pakan ini supaya tidak berjamur. Sementara komposisi bahan bisa dikonsultasikan sesuai dengan saran pabrik produsen konsentrat.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Pakan Puyuh

Meskipun pakan buatan sendiri ini bertujuan untuk menekan biaya produksi dalam peternakan burung puyuh, tetap harus diperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh ternak puyuh. Kebutuhan energi dan protein dari burung puyuh harus dapat dipenuhi dari makanan yang diberikan. Pada dasarnya, burung puyuh membutuhkan energi sebesar 2.700kkal sedangkan protein sebesar 22%.

Apabila dihitung banyaknya pakan yang harus diberikan untuk burung puyuh, per ekor membutuhkan pakan sebanyak 22-23 gram per hari. Dengan membuat pakan sendiri, diperkirakan biaya pakan yang diperlukan bisa ditekan sebesar 400 rupiah untuk per kilogram pakan. Ini akan sangat terasa karena banyaknya pakan yang diberikan bisa puluhan kilogram per harinya.

Permasalahan dalam Pencampuran Pakan Puyuh

Meskipun mencampur pakan pabrik dengan jagung dan bekatul bisa menekan biaya produksi, tapi perlu diperhatikan kemungkinan adanya masalah keterpenuhan nutrisi. Besarnya kandungan protein akan menurun, jadi untuk burung puyuh petelur kemungkinan besar akan ada penurunan hasil produksi telur. Selain itu, asupan energi juga menurun yang menyebabkan lemak dan protein dalam tubuh puyuh akan diubah menjadi energi yang menyebabkan berat burung puyuh menyusut.

Akan tetapi, hal ini bisa diakali dengan perbandingan bahan yang tepat. Penggunaan jagung dalam campuran pakan akan menyeimbangkan metabolisme puyuh. Ini akan menghindari munculnya permasalahan yang disebabkan oleh perubahan pakan.

Pin It
←More from Budidaya

↑ Back to Top